Senin, 03 Juni 2013

Arizona : Perjalanan ke Grand Canyon dan Hoover Dam



Sepertinya semalam daerah Arizona diguyur hujan salju yang lumayan gede. Gimana ga, pas pagi-pagi ke mobil, kaca depan sudah penuh dengan "es serut". Tinggal dikasih sirup merah, kolang kaling dan teman-temannya jadi d es teler murni dari alam haha :p Udah gitu kekoyolan kami yaitu menyiram air ke kaca mobil dengan maksud biar es nya turun..tapi kami salah kaprah, malahan airnya langsung jadi es dan bikin kami ada kerjaan ngikisin es yang jadi keras itu hahaa..

Anyway, lagi dingin-dingin bersalju gini enaknya makan yang hangat-hangat pastinya kan..Kalau Popmie gimana? Haha yes, itu yang jadi sarapan kami. rasanya masih kurang wong porsi popmie cilik begitu tapi cukup terbalas rasa kangen sama makanan di Indo. Temanku niat benar bawain dari Jakarta. Selama di US kami stress dengan porsi makanannya, tiap makanan keluar langsung pegang perut "Sanggup ga ya ngabisinnya" :p Pantesan bule itu badannya gede-gede, makannya banyak. Mereka suka banget minuman bersoda karena itu minuman bersoda disana free refill ampe kembung.

Awalnya kami masih sok-sok an pesan untuk porsi sendiri tapi lama-lama pesan 2 porsi untuk bertiga uda cukup, mayan ngirit kan jadinya. Kocaknya lagi, kami bahagia sekali ketika lagi di perjalanan menuju Arizona menemukan restoran cepat saji chinese food "Panda" bahagia karena bisa makan nasi haha..typical indo banget ye rasanya ga klop kalo ga makan nasi. 


Gate Entrance - Grand Canyon South Rim
Melaju menuju Grand Canyon, kami masuk dari sisi Selatan. Itu yang paling dekat dari daerah kami menginap, Tusayan. Suasana white christmas sangat kental menemani perjalanan ini. Sepanjang jalan berjejeran menjulang pohon-pohon cemara diselimuti salju. Kadang-kadang hembusan angin membuat salju jatuh dari dahan atas ke bawah, membuat perasaan menjadi lebih mengagumi moment ini. 
Signboard jalur ke Grand Canyon National Park
Grand Canyon National Park - disini saljunya lebih tebal
Semakin mendekati area National Park salju yang menutupi jalanan semakin tebal dan sesekali kami berjumpa dengan mobil yang khusus membersihkan jalanan dengan menaburkan garam agar salju cepat mencair. 
Jalanan yang sedang dibersihkan dengan menaburkan garam
Cahaya emas matahari pagipun ga mau kalah ingin menunjukkan pesonanya ikut menyeramak dan menyinari pepohonan cemara, sehingga memberikan paduan alam yang sempurna. 
Good Morning from Grand Canyon :)
Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih jika mau mencapai Grand Canyon. Jika malas berkendara pake mobil, kita bisa mengambil tour menggunakan helicopter (muat sampai dengan 7 orang) dengan biaya sekitar $ 425 per person. Bisa juga dengan pesawat kecil yang harganya lebih murah ($ 270 / orang)  karena sekali jalan bisa angkut sampai 19 orang. 

Di pick up dari hotel di Las Vegas, kemudian diajak keliling Lake Mead dan Hoover Dam dengan ariel view, dan dilanjutkan mengelilingi Sungai Colorado dan terakhir berhenti di West Rim Grand Canyon pas di Skywalk Bridge. Jembatan kaca berbentuk tapal kuda yang menjorok ke tengah jurang sepanjang 70 kaki (+- 21m) dari bibir canyon dan 4,000 kaki (+-1200m) diatas dasar canyon pasti memberi suatu cerita dan pengalaman luar biasa. 

Kami sudah pasti tidak mengambil alternatif melalui jalur udara ini, selain memang bakal out of budget tapi alasan yang paling mendasar yaitu teman ku donk kasihan ga bakal berani naik, pesawat gede aja ketar ketir gimana kalau dalam helicopter atau pesawat kecil gitu hahahaha.. 

Well, Kami membayar biaya masuk Grand Canyon sebesar $ 25 / orang dan berlaku untuk 7 hari. Kalau Skywalk Bridge ada disisi Barat, di sisi Selatan ini juga banyak View point yang bisa kita singgahi dan tentunya masing-masing view point punya karakteristik dan pesona tersendiri. View Point pertama yang kami singgahi yaitu Yaki Point. 
View dari Yaki Point, keren kan Grand Canyon dalam Winter Edition
Sebenernya mau apapun view point nya yang pasti aku terkagum-kagum bisa melihat langsung Grand Canyon ini dan dalam winter edition lagi…ckckck Super Gede, super Luas dan hebat sekali alam dari jutaan tahun yang lalu bisa membentuk ngarai yang indah ini. 
Tripod baru berguna di spot ini hahaha
Masih dari Yaki Point
I have been here 
Secara geologi Grand Canyon terbentuk dari Sungai Colorado yang terangkat daratannya sekitar 2 Miliar tahun yang lalu. Memang, tempat-tempat yang indah di bumi ini kalau dihitung menurut ilmu science sangat mencengangkan asal muasalnya. Lapisan batuan nya sendiri terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu dan terbagi dalam 3 kelompok batuan. 
Batuannya seperti sedang sengaja di sketch
Mayoritas warna batuannya yaitu merah, campuran merah dan orange, putih dan coklat. Yang paling dominan yaitu warna merah campuran orange. Udah gitu per layer batuannya jelas banget seperti memang sengaja di sketch, sungguh amazing karya Tuhan ini apapun lah secara geologi alasan terjadinya. 

Grand Canyon National Park panjangnya sendiri 446 Km, dengan lebar 29 Km dan titik terdalam nya mencapai 1,800 meter. Masih menjadi camp suku Indian Hualapai yang merupakan penduduk asli disana. Kita juga bisa melihat pemukiman dan kehidupan mereka dan berinteraksi secara langsung serta turun dan menyusuri sungai Colorado. 
Ekspresi yang paling menyenangkan ketika bermain salju :D
Biar kata matahari terang benderang, tapi suhunya masih dibawah 0 derajat, sambil foto aja bisa bergoyang-goyang body nahan dingin. Salju disini putih bersih. Pada view point kedua (lupa namanya) pemandangannya lebih keren, sinar matahari kelihatan bias-biasnya menyinari batuan Grand Canyon jadi sangat fotogenik.
View Point ke 2 after Yaki Point - ga inget namanya
Bias mentari pagi melingkupi bebatuan Grand Canyon
Nah di Grandview point bisa kelihatan dari kejauhan aliran Sungai Colorado, kami juga mampir disini. Berfoto ria dan akhirnya kami decide bahwa cukup menyusuri Grand Canyon dengan mampir di 3 view point ini dan akan melanjutkan perjalanan ke Hoover Dam.
Entrance of Grandview Point
Menjatuhkan Salju dari Dahan :) kayak film Winter Sonata gitu haha :p
Sungai Colorado dari kejauhan, lensa ga sanggup lagi lebih dekat
View dari Grandview Point
Hebat ya Ngarai ini bisa terbentuk berlayer-layer gini...
Back to Las Vegas, melewati William City kotanya sepi. Sepi entah karena bagi mereka masih pagi atau pada malas beraktifitas diluar karena dingin. 
View ketika mau keluar dari daerah National Park, keren yak..
Welcome to William City - Historic Route 66
Aku jadi terbawa ingatan di film-film koboi suasana sepi gini. Kami masuk dalam salah satu resto, suasana nya disini country banget, uda ditata pernak-pernik Natal dan ada juga penduduk lokal dengan style country di dalam. 
Pernak-Pernik Natal - Country Style
Pohon Natal asli nih...bagus ya
Penduduk Lokal lagi santai breakfast
Dulu jalur highway yang paling legendaris di Amerika yaitu Historic Route 66 atau dikenal juga dengan Will Rogers Highway sebelum sekarang di pecah-pecah. Route 66 ini membelah Amerika dari sisi Timur ke Barat sepanjang 3,495 KM, dari yang paling Timur di Chicago - Illinois sampai ke Santa Monica, Los Angeles - California. William city termasuk dalam jalur yang dilewatinya, jadi banyak nemuin sign-sign Route 66 karena sepertinya itu sign kebanggaan haha..
Gelas pun signnya Arizona Historic Route :D
Anyway singkat cerita, Hoover Dam yang jadi next destination sudah di depan mata. Lagi-lagi karya anak manusia jaman dulu yaitu tahun 1931 selesai 1936, membendung Lake Mead dari sungai Colorado dan menjadi sumber listrik untuk membuat kasino nya Las Vegas ga ada matinya :p, dan mensupply Arizona juga California.  
Power Plant
Hoover Dam donk...
Hoover Dam letaknya di perbatasan Las Vegas dan Arizona jadi terdapat 2 tower yang membedakan zona waktu negara bagian tersebut. 
Tower yang menunjukkan Nevada Time - ini side di sisi Las Vegas
Keren sih bedungannya dan banyak turis juga. Kalau mau lihat view Hoover Dam secara keseluruhan kita bisa naik keatas jembatan yang menjadi penghubung jalan Las Vegas - Arizona, disitu disediakan spot sight seeing. Kita sih ga ampe naik, ga keburu lagi karena kejar waktu. 
Dari atas jembatan ini, kita bisa lihat view Hoover Dam secara menyeluruh

Turis juga diperkenankan untuk masuk ke dalam Hoover Dam tetapi harus bayar $11, kita bisa melihat isi dalamnya bagaimana bedungan bekerja dan historical nya. 
Disini ya kami isi dengan mengelilingi bundaran bedungan dan tentunya apalagi kalau bukan foto-foto toh. 
Lake Mead, yang terbendung dari Sungai Colorado

Disini juga terdapat monumen Sang Insinyur - Dr. Elwood Mead - yang mendedikasikan dirinya dalam karya besar ini dan akhirnya namanya diabadikan sebagai nama Danau buatan yang terbentuk dari Hoover Dam yaitu Lake Mead.
Monumen untuk Sang Maestro
Di pinggir bedungan
Ok d, berhubung hari ini peserta conference harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan ditunggu sampai jam 6 sore, kami pun tidak lama-lama menikmati Hoover Dam. Maklum, Pak Bos yang menyusul dalam Business Trip ini sudah sampai di Las Vegas dari semalam, padahal kami seharusnya ada di Las Vegas tadi malam bukan menginap di Arizona hahaha….berabe kan kalau sudah ngacir ke Arizona eh sore ini masih telat registrasi event yang sebenarnya…Ehm kebayang tampang Pak Bos gimana kalau ampe kejadian wakakaka.  

1 komentar: