Jumat, 18 Januari 2013

Bangka : Pantai-Pantai Cantik dan Kuliner nya...

2011, Pantai Parai
Tadinya, tahun 2012 ini tahun yang paling bikin kangen sama kampung halaman karena belum bisa pulang kampung sama sekali. Sejak merantau 10 tahun di Ibukota nan sumpek ini, tidak pernah dalam kamus pribadi yang namanya tidak pulang kampung. Eits..tiba-tiba di penghujung tahun dan last minute sekali, dapat ilham kenapa ga pulang kampung aja liburan tahun baru 2013 ini. Kalau nunggu Imlek sepertinya terancam ga bisa pulang, harga tiketnya mahal ga karuan, bikin nyut-nyutan kepala belinya. Memang sih kendala nya sekarang karena aku lagi punya baby kecil belum juga genap 5 bulan tapi ahh nekat aja bawa pulang haha...dan syukurnya semua berjalan baik dan tidak ada masalah apa-apa.

Well, my home town is Bangka Island. Semenjak kuliah aja aku mulai berselingkuh dengan Jakarta :p, sebelumnya masa-masa kecil, remaja dan sampai SMA, aku habiskan ditanah Timah ini. Sekarang Bangka sudah jadi provinsi, bersanding tak terpisahkan dengan saudara pulaunya , Belitung, dengan nama gabungan menjadi Provinsi Bangka Belitung.

Kalau ditanya orang asal mana, dan jawab Bangka, mereka langsung hubungin dengan film Laskar Pelangi. Ehm..pada ga tau ya Bangka itu beda ama Belitung, Bangka ya Bangka, Belitung ya Belitung, berbeda pulau juga hehe *sewot mode on.

Kesamaan Bangka dan Belitung itu adalah pantai-pantai dengan batu granit nya yang berukuran raksasa dan sama-sama penghasil timah. Kalau lebih maju nya, lebih majuan Bangka karena Ibukotanya ada disitu yaitu Ibukota Pangkalpinang dan kota nya juga lebih rame dibandingkan Belitung. Aku juga sudah pernah ke Belitung jadi ya bisa membandingkan dengan lebih objective bukan hanya karena aku orang Bangka :) Semoga orang Belitung setuju ya..Haha..


Mudah kalau mau ke Bangka, flight nya uda banyak dalam sehari dari Jakarta. Dari yang murah seperti Lion air, Sriwijaya, Batavia maupun yang mahal seperti Garuda Airlines..
Harga tiket nya berkisar 300rb-400rban, itu kalo lagi normal. Tapi kalau lagi Imlek, atau Chenbeng yang jatuh di bulan april (Tradisi sembayang kubur warga keturunan Tionghoa) atau Lebaran, harga tiketnya amazing d. Bisa berkisar 1 juta - 1,5 juta.

Bicara objek wisata, tentu banyak yang bisa dikunjungi tapi yang pasti yang sangat dijual yaitu Pantai. Pantai yang paling dekat dengan kota Pangkalpinang yaitu Pantai Pasir Padi. Pantai ini termasuk pantai keluarga, bukan pantai berair biru cuma garis pantai nya panjang dan landai, jadi aman untuk berenang ala keluarga. Sering kali juga pantai ini dijadikan trek balapan motor cross. 

Pantai Pasir Padi, Pantainya Landai dan Luas, lagi surut
Pastinya setiap pulang kampung, aku ke pantai ini. Selain memang sekedar menghirup udara laut di kampung sendiri tapi disini seafood nya terkenal enak. Ada beberapa Resto Seafood di pinggir pantai, namun yang sangat rekomendasi yaitu Biru Laut. Yummy pokoknya , seafood nya juga masih segar-segar. 
Restoran Seafood, Biru Laut
Pantai ini agak unik, karena ada pulau kecil di tengah nya,  dekat sekali dengan bibir pantai, jadi kalau lagi pasang aja berbentuk pulau, kalau lagi surut, kita bisa jalan kaki dari bibir pantai ke pulau ini. 

Pulau Karang, seberang Garis Pantai Pasir Padi
Batuan nya berwarna merah
Jangan lupa juga kalau ke Bangka harus mampir ke Pantai Parai Tenggiri. Lokasi nya memang agak diluar kota yaitu Sungailiat, cuma masih dekat kok, hanya 1jam dari Pangkalpinang. Pantai ini paling primadona lho, dan ga diragukan indah nya. 

Kalau ga indah, ga mungkin kan Pantai Parai ini dijadikan detikcom cover di buku Aku Cinta Indonesia I (ACI) tahun 2010. Bangka boleh berbangga, diantara 33 Provinsi dengan keindahan pantainya masing-masing malah Parai yang dipilih sebagai cover. ACI ini acara dimana dipilih nya 66 orang dan pergi secara berpasangan keliling Provinsi Indonesia dan menceritakan pengalaman yang mereka lihat dan rasakan, kemudian dirangkum dalam sebuah buku. 
Buku ACI, sama kan cover nya dengan foto dibawah hohoho, di Bangka lho itu :D
Aku juga uda begitu lama tidak ke Parai, begitu lihat Parai di cover ACI, pas pulang 2011, Parai jadi tujuan utama donk. Terutama aku penasaran sama angle foto yang diambil oleh team ACI, Keren pantainya.
2011, Pantai Parai Tenggiri, ini lho yang jadi cover buku ACI 2010
Depan Parkiran, Parai Resort
Kalau diantara pantai-pantai lain di Bangka pengunjung bisa bebas masuk tanpa bayar, lain halnya dengan si cantik Parai ini. Kita mesti bayar 25ribu tapi nanti tiket tersebut bisa kita tukarkan dengan minuman, entah itu jus atau softdrink. Parai juga dilengkapi dengan resort Bintang Empat, jadi ga heran kalau pantainya bersih. Kita bisa menemukan pantai dengan air biru, air jernih,  pasir putih, dan gugusan karang yang cantik berpadu dengan nyiur pohon kelapa. Dan disini satu-satunya pantai yang menyediakan Olahraga air seperti Jetski, dan Banana boat.
Petunjuk menuju resort
Parai, airnya jernih, dan warna lautnya tosca
Parai, Pasir putih nya


Jembatan Romantis, kalau malam keren



Jangan hanya berhenti di Parai aja, kita bisa explore pantai-pantai lain yang berdekatan dan ga kalah cantik. Katakan saja, di sebelah kiri Parai, bisa ke Pantai Tanjung Layang yang agak tersembunyi diantara Pantai Parai dan Pantai Matras. Karena tersembunyi ini ga semua orang aware ada pantai cantik disitu, airnya jernihhhh.....dan aman untuk berenang juga. Disini batu-batu karang dengan formasi indah paling banyak berceceran disini. 

Kalau pantai Matras sendiri garis pantainya luas dan uniknya pantai ini punya kolam air tawar alami nya, jadi abis berenang dilaut, lengket-lengket kena air asin, kita bisa bersihin tubuh di kolam air tawar ini dan airnya dinginnn.

Pantai Matras
Lanjut lagi, kalau melipir ke kanan Parai, kita bisa menemukan pantai Teluk Uber, Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Pantai Rebo dan Pantai Air Anyer. 

Pantai Teluk Uber
Pantai Teluk Uber
Kalau Pantai Tanjung Pesona dia punya resort juga, dan lokasi nya tinggi sekali dari Pantai, dibangun di atas bukit dan batu karang. Jadi asyik kan, bangun pagi dan langsung memandang laut yang luas dari teras resort. Area nya lebih luas dari Pantai Parai dan pantai ini favorit lho dijadikan piknik keluarga. So, datang dan buktikan sendiri pesona Bangka yah hohoho...

Pantai Tanjung Pesona, sisi lain yang bersebelahan dengan Teluk Uber
Pantai Tanjung Pesona, view dari Restoran
Bagi yang suka wisata religius bisa mampir di Bukit Betung, Sungailiat. Disini bersemayam tempat berdoa kepada belasan dewa, semakin naik ke atas bukit, dewa nya semakin tinggi yaitu Dewi Kwan Im dan Sang Buddha. 

Wisata Religius, Bukit Betung
Sedang Sembayang ke Dewi Kwan Im
Suasana nya rindang sekali, karena memang diatas bukit dan di naungi pepohonan. Dari atas bukit, pemandangan nya baguss, bisa terlihat pantai sungailiat yang disebutkan diatas. 

Tangga menuju ke atas bukit dan semakin rindang
Dari atas bukit, Laut Sungailiat di kejauhan
Nah kalau Bakmi Bangka pernah coba kan? Banyak toh yang jualan di Jakarta atau daerah lainnya. Coba d makan di Bangka nya langsung, rasa nya beda dan enak sekali. Tapi sayang nya, kalau di Bangka bakmi nya non Halal hoho...Yang enak, aku rekomen di Rumah makan "Asu" di dekat Plaza Ramayana dan Rumah makan "Akau" di Jl. Kampung Bintang. 2 tempat ini rame nya minta ampun, so bersabarlah ya untuk mengantri demi perut diisi dengan Bakmi enak. 

Yummyyyy.....Rupa nya aja uda beda kan dengan yang sering di jual di Jakarta
Kalau jalan-jalan sore, kita bisa jajan makanan yang namanya otak-otak. Kebanyakan baru dijajakan pas sore hari, dan enaknya harus langsung disantap di tempat dimana masih hangat-hangatnya. Otak-otak isi nya variasi, ada pempek-pempek rebus, panggang, otak-otak ikan yang dibungkus daun pisang, Uyen, Empiang (pempek2 kulit), dan macam-macam, aku juga ga hafal semua jenisnya *jangan jadi ileran yah :p Nah yang enak itu rata-rata yang jualan orang Belinyu, seperti Otak-otak "Ase" di Jl. Kampung Bintang dan otak-otak "Samoichi" di dekat supermarket lama. 

Otak-Otak....ini masih termasuk dikit variasinya...
Ciri khas lain nya di Bangka, dari sore hari menjelang malam, kita bisa mampir di kedai-kedai kaget yang berjualan susu kacang kedelai dengan kue-kue basah yang bervariasi juga. Susu kedelai nya tentu panas terus sampai malam. Kadang di kedai-kedai dadakan ini, sekalian jualan otak-otak, jadi bisa barengan disantap haha..*keknya ga nyambung yah susu kedelai dengan otak-otak :D

Dari sisi ekonomi, Rakyat Bangka kebanyakan mengandalkan hasil alam, seperti Timah, Lada Putih dan Kelapa Sawit.  Hutan Bangka pun banyak yang rusak, apalagi kalau dilihat dari atas pesawat sangat miris lihat tanah Bangka banyak bolong-bolong gara-gara eksploitasi Timah yang ditinggal begitu aja oleh pemiliknya setelah dikeruk. Dulu yang boleh eksploitasi timah hanya PT. Timah, Tbk dan PT. Kobatin, sekarang karena faktor ekonomi, warga pun mengeruk timah kadang di belakang rumah nya, jadi jangan heran kalau rumah dan kolam coklat/ biru berdekatan dengan rumah (kebanyakan sih ini terjadi di kampung-kampung alias luar kota) 

Laut Bangka dari atas
See, Hutan sudah kebanyakan botak dan berlubang
By the way, kalau tanya gimana transportasi umum disana? Ehm, mending sewa mobil kalau mau mengunjungi satu-satu pantainya. Transportasi umum disana kurang, jadi kalau kita mau backpackeran ngeteng disana sih ga akan jalan. Belum ada transportasi umum yang merambah daerah-daerah pelosok, dan memang pantai-pantai tersebut jauh dari pemukiman yang rame. Sebenernya Bangka itu luas, yang di ulas disini baru wisata di 2 kota aja Pangkalpinang dan Sungailiat, kota lainnya jarang aku jamah juga, next time ya.


33 komentar:

  1. Numpang komen ya, gatal rasa nya kalau ga komen habis liat post ini berhubung kampung ku di Bangka juga, di Sungailiat :D
    Lam kenal ya, salam backpacker dan blogger juga hehe :D

    BalasHapus
  2. Haha Orang Bangka juga ya..kita seperguruan :D Salam kenal dan salam backpacker....

    BalasHapus
  3. hampir semua pantai disungailiat lah q kunjungi..
    mo keparai g jadi2 truusss..

    BalasHapus
  4. Hi Yani...Thank you sudah berkunjung di blog ini...Harus tu mampir di Parai, dan pasti langsung berasa pantai lain di Bangka biasa2 aja :)

    BalasHapus
  5. iya ayuk.
    pokoknya 2013 kudu keparai..
    udah gatel bgt pengen ksana

    BalasHapus
  6. Aku pengen ke bangka akhir thn ini..tlg rekomendasi dong hotel/resort yg bgs buat keluarga...
    Dr blog ini..kayanya..pantai parai caantik..bgt.tp ada yg bilang resort nya jelek yaa....??..
    Mohon inpoh nya agan2 cantik..;)

    BalasHapus
  7. Hi Anonim,

    Setauku resort di Pantai Parai menjadi unggulan, saya rasa juga harusnya resort disana masih terjaga dan di maintain dgn baik. Saya kurang bisa memberi penilaian lebih, karena kunjungan saya kesana terakhir 2011.
    Kalau mau explore di sekitar Sungailiat, bisa pilih menginap di Parai. tapi kalau mau ke Ibukota nya Bangka di Pangkalpinang, disana sudah ada hotel Novotel, dan Santika. Mungkin bisa jadi preference buat Anda dan keluarga.

    Semoga bermanfaat informasinya. Thanks sudah berkunjung juga.

    BalasHapus
  8. udah ga sabar pengen ke bangka, rencana januari mau diajak temen...moga aja bisa mampir ke pantai parai & nyari wangsit di tempat dewi kwan im :D

    otak-otak dan susu kedelai #ngiler

    :shakehands

    BalasHapus
  9. Hi Thomascupu..

    hahhaa..asyik donk ya mau jalan2… kalau sudah di bangka mah sayang banget kl sampai ga mampir ke Parai…diusahakan dan mesti jadi first destination donk hehehe.

    Salam kenal juga *shakehands balik…:)

    BalasHapus
  10. saya hanya sempat ke parai dan tanjung pesona.... duuuh mau kesana lagi dan ke pantai lainnya... aku cinta Indonesia...

    BalasHapus
  11. Aku cinta Indonesia juga Upik heheh. Yupi, lain kali kalau ke Daerah Sungailiat, dari Tanjung Pesona sekalian ke Pantai Rambak juga, pantai baru dan baguss. Intinya jangan banyakin waktu buat explore hehehe.

    BalasHapus
  12. sabtu ini mau ke bangka...i cant wait...hehe

    BalasHapus
  13. aku cinta indonesia, aku cinta bangka ;)

    BalasHapus
  14. Halo . Saya suka dgan tulisan anda . Ehm . Mw nnya donk ci , btw klo biaya liburan dari medan le sana butuh biaya berpa ya kira2 ? Mahal ga hotel , makan , transport and ole2 disana ? Thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Melinda,
      Dari Medan ga ada direct flight ke Bangka. Jadi pilihannya kamu either ke Jakarta dulu atau ke Batam, nah 2 tempat itu ada schedule langsung ke Bangka.

      Hotel average ga terlalu maha..uda banyak juga hotel budget utk traveller disana. Nah kalau transport yang agak susah krn transport umum tidak menjangkau obyek wisata luar kota jadi harus rental mobil gitu. Biaya nya relative la ya.. Ole2 murah, byk dijual di pusat kota.
      Selamat berkunjung ya ke Bangka kalau jadi. Ga nyesel kok kesana..byk tempat yg masih alami.

      Hapus
  15. Destination wisata bangka belitung sangat menarik dan wonderfull, thanks artikelnya...

    BalasHapus
  16. Mau liburan atau coba travelling ke Bangka Belitung.

    http://aderiorental.com

    BalasHapus
  17. Waaaah saya tertarik dangan pemandangan pantainya, lebaran besok saya akan berlibur ke Bangka Belitung..

    BalasHapus
  18. ceita yang sangat menarik dan juga foto fotonya sangat jelas dan jika kalian ingin mencari informasi tentang dunia surfing anda bisa mengujungi web http://g-land-surf.com/ .

    BalasHapus
  19. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat sekali. Kunjungi website kami untuk info menarik tentang ikan dan memancing http://bit.ly/2wfsXyj

    BalasHapus
  20. Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

    Menyaediakan 8 game dalam satu id
    * POKER
    * BANDAR Q
    * BANDAR POKER
    * DOMINO
    * CAPSA SUSUN
    * ADU Q
    * BANDAR 66
    * SAKONG

    keunggulan bermain di PESONAQQ :

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * Bonus Referal 100% - 200%
    * Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

    Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
    *Livechat
    * WA : +85511817618
    * BBM : 7A996166

    BalasHapus
  21. nikmati liburan wisata seru keluarga ataupun honeymoon hanya di nusa penida tour
    Dapatkan harga penawaran berbagai paket liburan terbaik dengan pelayanan yang bernilai dari seluruh team kami

    visit us:
    nusa penida tours

    BalasHapus
  22. Liburan lagi kak ke Bangka, Sekarang makin banyak loh tempat wisatanya.
    Sekalian numpang promosi ya kak, Buat yang mau private tour ke Bangka dengan harga terjangkau bisa lewat kita. Bisa cek langsung ke website untuk paket tournya di https://wisatabangka.com
    Terima kasih ya kak sebelumnya.

    BalasHapus