Sabtu, 15 Juni 2013

Bukit Gantole : Mencoba terbang dengan Paralayang


Bermula dari rasa ingin mencoba apa rasanya terbang di ketinggian tertentu dan hanya temanan sama angin diatas, pasti sesuatu yang sangat excited dan menantang. Sudah lama ingin mencoba tapi terlupakan, dan akhirnya keinginan itu kuat muncul lagi ketika melewati Puncak pada saat kantor ku sedang Kick Off Meeting di daerah sana. Terlihat beberapa parasut warna warni menarik hati terbang di atas langit-langit Puncak...ehm langsung bergumam dalam hati "gua pengen cobain yang namanya Paralayang itu segera, pasti sensasinya luar biasa" 

Well, langsung memantapkan hati bahwa tahun ini harus terealisasi dan aku tau sapa aja kandidat teman-teman yang bisa diajak gila bareng mencoba olahraga yang dibilang mayan beresiko bahaya ini :D 

Di jaman yang super canggih saat ini, informasi segera bisa didapatkan. Om Google bilang lokasi terbang Paralayang ada di Bukit Gantole, Puncak - Jawa Barat. Salah satu instruktur nya yaitu Pak Nixon Ray yang ternyata adalah owner dari Fly Indonesia Paragliding (http://www.indonesia-paragliding.com/) yang merupakan operator Paralayang di Puncak. Pengalamannya udah banyak bahkan terbang di Alpen Europe dan Himalaya..Cool ya.  Nomor yang bisa dihubungi : 0857 17951289

Pertama, kita lebih baik booking dulu, 1 minggu sebelumnya lebih baik untuk make sure bahwa kita masih dapat jatah terbang. Kasusnya gua sih waktu kemarin baru booking hari Rabu padahal mau maennya hari Minggu. Untung karena yang mau main cuma 2 orang, jadi masih diterima oleh Pak Nixon hoho. Setelah itu kita harus transfer booking fee 50ribu/orang. Yah ini sebagai penjamin aja kalau kita memang serius booking dan mau maen. Harga per orang 300 ribu, bisa sampe lima orang hanya kena 250 ribu, dan lebih banyak lagi lebih murah, tinggal nego aja. 

Akhirnya, hari Minggu - 7 April 2013 datang juga. Rasa excited dan deg-degan campur aduk haha, ga lucu kan kalau uda paling pede mau main eh tar pas giliran terbang ketakutan di pinggir bukit wakaka pasti temanku ngakak n jadi malu-maluin :p Untung nya, gua yang pemberani ini tetap pemberani hehe *lebay..

Pasukan yang terkumpul dalam ekspedisi ini yaitu berlima include saya merangkap sebagai supir. Pak Nixon minta datang jam9 pagi biar dapat giliran paling awal. Tapi gimana bisa, jam9 aja kami masih stuck di ciawi karena jalur keatas kena one way. Jadi, kalau mau ke Puncak dan biar terbebas dari jebakan macet yang super gila harus perhatikan jam nya one way. 

Jadwal one way Puncak : 

Sabtu & Minggu
Jam 9.00 - 11.30 --> one way Jakarta ke Puncak (Jalur turun dari Puncak ke Jakarta ditutup) 

Jam 15.00 - 17.00 --> one way Puncak ke Jakarta (Jalur naik dari Jakarta ke Puncak ditutup) 
Kalau Minggu ditutup sampe jam 18.00

Jam diatas sebagai perkiraan aja ya, kenyataan nya ngaret-ngaret juga. Jam 9.30 kami baru bisa naik dan berhubung oneway, sedapp sampe ke Bukit Gantole ga pake lama. Jalan masuk nya ada disebelah kanan jalan dan lokasi tepatnya ga jauh setelah Mesjid gede (ga tau namanya) Biaya masuk per orang 5ribu Rupiah dan biaya mobil 10ribu. Jalanannya kecil melipir dipinggir bukit, jadi harus hati-hati apalagi pas lagi berpapasan dengan mobil yang mau keluar. 
View dari Parkiran Mobil, terlihat Mesjid Gede di Puncak sebagai patokan lokasi Bukit Gantole
Sudah rame aja yang datang, parkiran mayan penuh baik mobil maupun motor. Dan juga terlihat banyak bule seliweran gotong-gotong parasut sendiri..Maklum sih banyak bule, secara bule itu paling suka olahraga ekstrem yang menguji nyali. Sampai tepat di atas Bukit Gantole, sudah rame orang tapi banyakan juga penonton sih yang menjadikan spot paralayang ini sebagai obyek wisata. 
Bukit Gantole dipenuhi banyak penonton 
View dari atas Bukit Gantole
Salah satu dari penonton itu ketemu juga teman kantor haha..Jodoh kami kuat juga uda jauh ke Puncak malah bisa ketemu :D
Sempat-sempatnya masih ketemu teman kantor disini ama keluarganya :D
Gua donk udah resah mana ni Pak Nixon, sepertinya lagi menerbangkan orang. Aku inisiatif untuk mendaftarkan kelompok ku ke mbak yang kelihatannya sebagai tukang registrasi. Yang awalnya cuma 2 orang yang mau main, aku dan temanku Betty, ujung-ujungnya sepupuku Yanto dan temanku Yoan mau juga hohoho..Dan ga masalah juga ternyata, mereka bisa dapat giliran walau ga pake booking ;) 

Kami berlima.....
Kami sambilan duduk, foto-foto dan memperhatikan orang-orang yang dapat giliran awal tandem dan yang lagi latihan ambil license paralayang. Ga hanya bule-bule yang lagi latihan terbang sendiri, orang lokal juga banyak. Dibuka kelas bagi yang tertarik untuk ambil license. Bayar 7 juta untuk minimum 10 kali pertemuan. Peralatan disediakan. Dan waktunya flexibe mau latihan weekday or weekend. Penerbang akan diberikan kayak walky talky gitu, jadi selama terbang dapat berkomunikasi dengan pelatih dan diarahkan untuk sampai ke titik Landing. 
Salah satu bule yang lagi ambil license

Kalau diperhatikan, yang sulit itu yaitu pas mau take off awal, harus make sure bahwa parasut pas diangkat cukup mendapat angin yang bagus dan ga memble tiba-tiba parasut nya. Bahaya nya, kirain parasut siap terbang dan calon penerbang sudah berlari ke ujung bukit eh tiba-tiba parasut nyiut lagi lantaran kurang dukungan angin, nah pastinya nyungsep ke jurang dibawah yang mayan juga kedalamannya. Ini sih yang serem. 
Amatir yang lagi take off, look, mencong nya extreme, awas yang lagi nonton kalo ga mau ikut kegaet jg haha
Pas uda di Bukit ini rasa deg-degan hilang lho, yang lebih dominan rasa excited kapan dapat giliran terbang neh. 
Cuaca masih lumayan mendukung tapi kurang ajarnya awan-awan gelap juga mulai memayungi langit Puncak. Dan group ku mulai dapat giliran cuma untuk 1 orang dulu. Ok lah, aku kasih Abet duluan ketimbang aku yang duluan, at least dia yang kuajak sudah dapat giliran itu sudah aman buat ku untuk tidak mengecewakan kalau sampai dia gagal terbang karena hujan. 
Abet, Siap terbang :D
Final Check, make sure semua terkait dengan baik
Abet, ready to take off, tarik manggg :p

Hokinya abet, pas giliran dia selesai, mulai d cuaca bener-bener sedang ngerjain dan menguji kesabaran hati... Hujannnn huhu...Giliran ku aja belum.. Hati udah mulai gusar, jangan-jangan kali ini ga berjodoh maen paralayang. Mana hujannya typical awet lagi..Gusar segusar-gusarnya. Untungnya sekitaran jam1 cuaca sedikit kompromi dan aktifitas diatas bukit kembali dilanjutkan. Aku kepala suku dalam acara ini, malah dapatnya giliran terakhir, sepupuku ama Yoan take off duluan.   

Peralatan siap terpasang, kait di make sure saling mengait, kita seperti membawa ranselan parasut juga yang berfungsi sebagai tempat duduk waktu diatas dan kita dilengkapi ama helm juga. Hebatnya di Indonesia, tidak ada instruksi apa-apa yang diberikan kepada calon penerbang. Berarti nasib sangat dipasrahkan totally ama Instruktur. Dan aku pun ga kepikiran nanya jg. Ehm daripada tar dijelasin panjang lebar ternyata malah bikin tambah parnoan ye :D Padahal katanya ransel yang kita bawa itu isinya parasut kecil lho in case pas diatas parasut utama problem. Nah lho, dijelasin aja kagak haha..
I'm Readyyyyyy.........
Parasut sudah terbentang di lapangan, selagi instruktur sedang sibuk mencoba menarik dan mengendalikan parasut untuk tolakan pertama, kita akan ditarik dari depan oleh 1 orang dan siap menunggu perintah dari instruktur untuk ikutan lari ke ujung bukit. Lucunya nih, pas Pak Nixon - dia tandemku saat itu - teriak "Lari..Lari.." aku sih memang siap dalam posisi lari tapi tetep aja kaki uda melayang ketarik keatas saking ringan tubuh ini hahha...Bule kali yang kakinya masih napak karena badannya gede :D dan here we go " take me flying". Take off pun sukses dilakukan..
Begini posisi parasut yang siap akan ditarik
Horee....Take me flyyy....
Angin diatas cukup kencang, view dibawah perkebunan teh dan terlihat jelas jalur puncak yang lagi padat. Suasana pas terbang menyenangkan, sangat tenang perasaan. Aku pun memberanikan diri keluarin Iphone untuk jeprat jepret beberap foto, pembuktian donk lagi diatas bumi haha :p Tapi ga berani lama-lama, nangis demi foto-foto kalo hp jatuh kebawah. 
Me in action pas lagi terbang....:D
Akupun dikasih kesempatan oleh Pak Nixon untuk cobain mengendalikan parasut sambil diarahin. Ternyata ga sulit juga, mau kekiri ya yang kiri ditarik dan sebaliknya, mau cepat ya dua-duanya agak ditarik kebawah. Pak Nixon juga sedikit melakukan manufer dengan belokan ke kiri dan ke kanan secara tajam, nah ini yang bikin jantung rasanya ser ser mau jatuh...Gentar juga aku pas moment ini, takut parasutnya kusut haha..

Selama kurang lebih hanya 10menitan melayang diatas dan akhirnya landing dengan selamat. Dari biaya 300 ribu per orang yang kita bayar itu sudah include dengan biaya angkot yang akan membawa kita balik ke titik take off. Kalau ga mau naik angkot, bisa naik ojek yang juga pada standby disana, tentunya dengan biaya sendiri sekitar 20 ribu/orang. 
Landing spot dibawah sana
Terpuaskan sudah rasa penasaran, rasa ingin mencoba dan rasa excited. Sebenernya sih pengen lebih lamaan, ga sekedar 10menit haha, maruk d. Akupun salut sama orang-orang yang mendalami olahraga terjun payung, itu lebih ekstrem lagi terjun dari ketinggian ribuan kaki. 

Ehm..one day pengen ngerasain sky diving tandem terjun dari atas pesawat. Berani gaaaa, hayoo ???? Kalau ini sih bener-bener harus siapin fisik dan terlebih-lebih mental. Aku udah browsing, untuk coba sky diving di Jakarta ada di Lapangan terbang Pondok Cabe. Cuma ini olahraganya mahal T_T mau coba aja sekitar 2.5 - 3 juta x_x Udah mesti siapin mental sebesar-besarnya, mahal dan menantang maut lagi. Mungkin pas bener-bener dapat ilham kuat baru memberanikan diri untuk mencoba hoho… 

Foto-foto lain : 

Touch of the Sky
Para pemula, jangan berfikir yang orange mencong itu tidak sampai landing hehe, semua nya bisa landing dengan selamat 
Bermanuver ria

22 komentar:

  1. Asyik kayaknya yach... bisa terbang melayang menggunakan gantole... btw sebenarnya terbang dengan paralayang itu bisa bertahan berapa lama sich..?? Apakah bisa melayang terus menerus..?? Penasaran euy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Bisa berapa lama tergantung kemampuan menaklukan dan mengendalikan angin, olahraga ini totally bergantung sama angin. Semakin kita bisa membuat Parasut terus meninggi ya bisa semakin lama juga melayang diatas. Kapan2 coba, abis itu baru bisa merasakan sensasi nya dan dapat pemahaman lebih lanjut :)

      Hapus
  2. seruuu sekaliiiiii......
    aku juga ada rencanan nanti mau kesana habis lebaran, tapi kurang tau tempatnya dimana, karena aku dari lampung, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi Mbak Nellya, yang pasti mbak mesti ke Jakarta dulu :D, trus ke Puncak, Jawa Barat. nah tar disana tanya2 orang, gampang banget kok. jangan khawatir. Selamat bersenang2 yaaa...

      Hapus
  3. asik nih....itu terbang sendri ato tandem mba.....?itu sekali terbang aja mba ya :)...?

    BalasHapus
  4. Hi Hendrik, terbang nya tandem ama instruktur nya, kecuali uda punya license. Mau terbang berkali-kali juga bisa, siapin duit yang banyak aja hehehe :p…kl 300rb untuk sekali terbang, mungkin kalau mau berkali-kali bisa di nego sih..:D

    BalasHapus
  5. Halo Novi, asyik bangeeeeet kelihatannya.
    Kalo aku tinggi 189 cm dan berat 90an kg, diijinin gakk ya utk terbang?
    Takut gakk bisa naik :) Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mas Hendra...Hoho Yoi asyik banget, apalagi ini first time. Ehm kl berat segitu sepertinya tergantung kebaikan angin saat itu Mas mau nerbangin atau ga...wakakak *Kidding ;)
      Tenang aja, dirimu kan poster nya uda mirip bule berat segitu, bule2 aja kebawa kok ama angin :)...Selamat Mencoba yaaa :D

      Hapus
  6. klo bayar jasa foto pas di udara brp mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi...Ga lihat sih ada yg sediain jasa foto di udara. Mungkin Anda bisa pake tongsis, asalkan berani pegangin tongsisnya pas uda di udara. Atau bisa juga minta bantuan instrukturnya. Aku pernah lihat foto orang dipegangin kamera sama instruktur pas diatas..

      Hapus
  7. waaah....boleh juga tu olah raga terjun di atas bukit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Astu..cobain sekali2 pasti berasa serunyaa..apalagi olahraga ini ga biasa :)

      Hapus
  8. asik ka nov. akhir februari rencana mau kesana . tapi rasanya paragliding itu sama seperti naik roller coaster atau ngga ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi...haha lbh asyik dr roller coaster.. Kl roller coaster bikin jantung turun tp ini ga kok.. Asyik malah dibelai2 angin diatas :D

      Hapus
  9. Biayanya skrg kira2 berapa yah mas?
    Heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mas Andreas,

      kalau biaya perkiraan skrg di 300rb krn Maret tahun lalu saya dan teman2 sempat main ke sana lagi...tapi angin lagi kencang jd batal terbang..
      Semoga membantu info nya..

      Hapus
  10. kalo udh bisa paralayang, coba skydiving deh. tapi skydiving di atas Pondok Cabe. Rasanya aneh deh

    BalasHapus
  11. Keren banget pemandangannya... asyik banget kayanya ya

    BalasHapus
  12. Hai mbak, salam kenal.. mau tanya kalau untuk ikutan skydiving pondok cabe bagaimana caranya?

    BalasHapus

Chapter #3, Beautiful Rinjani : Day 2 - Duka Lara dan Nikmat Menuju Plawangan Sembalun

Hari ini akan menjadi hari penuh tantangan. Bukit Penyesalan yang sudah ku dengar jauh hari akan menjadi ujian berat untuk kaki ku. Na...