Sabtu, 17 Agustus 2013

Pengalaman Punya Baby dan Jadi Mommy Newbie


Hehehe...My Baby Girl...lagi diisengin bergaya preman haha :p
Waktu tuh cepat banget ya, ga tau-tau aku uda jadi mama uda berjalan 1 tahun. Ehm…banyak hal baru tentunya yang kualami. Yang paling significant pastinya kurang tidur hahaha…Tapi diluar itu, berjuta kebahagiaan yang hadir. 

Aku mama yang beruntung, baby ku typical baby anteng, hampir tidak pernah nangis yang ga jelas. Maklum, momok buat mommy newbie seperti aku ini yaitu ga ngerti apa maunya baby, takut dia lagi kesakitan tapi kitanya kurang sensitif, mana bahasa nya cuma tangisan, merengek dan melongo. 

Masih ingat masa-masa masih banyak begadang, apalagi bulan-bulan awal. Udah gitu, bulan pertama aku masih pegang sendiri, belum ada suster tapi untung masih ada mertua yang bantuin. 
Untungnya aku lumayan cekatan dan cepat beradaptasi *memuji dan bangga ama diri sendiri nih ceritanya hahaha..

Ya donk, dari awal aku uda bisa mandiin baby ku sendiri tiap pagi, diajarin mertua 2-3 kali abis itu aku harus mandiri sendiri. Pastinya untuk semua hal baru awalnya kagok, apalagi ini baby nan mungil haha tapi lucuu lihat setiap gerakannya..Aku emang dari dulu suka anak kecil, nah jadi berasa happy kan uda punya baby sendiri bisa dimainin, dijailin, dan disayang. 

Tampang Babyku waktu berumur 1 minggu :D, baru abis mandi nihh


Mandiin baby ga serem kok, kalau belum ada baby nya pasti ngerasa "Aduhh, dia begitu halus, takut diapa-apain rasanya" Padahal kalau uda punya, uda ga berasa lagi takutnya, mungkin karena anak sendiri. Dulu gendongin baby teman aja gua takut haha..tapi pas uda punya baby sendiri bisa-bisa aja tuh, pegel sih awalnya, lengan kek baru abis angkat barbel berat ahahhaa..

Pokoknya bulan-bulan awal memang tantangan besarnya. Kalau ga ada yang bantuin sih pingsan sendiri. Jadi ritme nya, ngurus baby ama ngurus diri sendiri itu kebut-kebutan. Baby tidur kita baru bisa sarapan, dia tidur siang, kita baru bisa mandi dan makan siang, cuma sore yang agak nyantai karena urusan kitanya juga rada beres. Baru d dia tidur sore, kitanya bisa ikutan tidur..isi baterai untuk stamina begadang hahaa..

Begadang....Mari Kita Begadang
Walaupun baby ku typical anteng, yang namanya begadang kalau punya baby sih itu kartu mati. Jam10an malam kita uda capek banget seharian, jamnya kita mau tidur, baby masih seger bugar. Terus kita perlu mendendangkan lagu biar mereka mau terlelap, maunya diajak jalan-jalan sambil digendong-gendong. Kalau lagi ga mempan, gua rasanya pengen tidur sambil berdiri aja atau rasanya pengen ngabur ke hutan dulu wakakaka.. 

Belum lagi tengah malam pasti dia bangun, kira-kira per 2-3jam, lapar lagi dan pengen nyusu. Nah, jangan ampe d dia kelaparan banget ampe nangis dan alamakkk dia melek hahaa...siap-siap d 2jam-an lagi dia baru tertidur...zzzzzzzz

Kebayangkan, pas subuh kita baru bisa nidurin dia, terus 3jam lagi dia akan bangun dan sebentar lagi sudah pagii x_x..Aktifitas hari baru dimulai lagi dan tampang kita sudah mirip Zombie karena akumulasi kurang tidur berkepanjangan :D Punya baby waktu berasa cepat berputar dan eng ing eng 1 bulan tiba tanpa terasa hahaa..
Tampang pas dia 1 bulan, suka merengut bak seorang Pemikir :D
ASI oh ASI
Tantangan lainnya yaitu produksi ASI. Tiap ibu pasti pengen memberikan yang terbaik buat anaknya, setuju kan? Nah, salah satunya pasti pengen babynya adalah Baby ASI dan lulus ASI ekslusif 6bulan. Cuma, kebanyakan belum tentu produksi asi sudah mulai lancar di awal kelahiran. Malah, ASI memicu stress juga. Bagi mommy newbie, ASI baru mau keluar 2-3hari setelah melahirkan, sedangkan baby ga bisa nunggu donk untuk minum, nah gimana ga stress. 

Belum lagi banyak rumor yang bilang kalau baby udah merasakan susu formula bakalan nolak ASI. Trus ada info juga kalau baby masih bisa bertahan selama 2hari dari dia lahir karena sebelumnya masih dapat stock makanan dari plasenta Ibunya, jadi kalau ASI belum keluar gak apa-apa kalau baby ga minum 2 hari…WHAT?? Kenyataannya baby ku sendiri hari kedua aja uda merengek-rengek kelaparan, dan ASI keluarpun masih pelit banget cuma setitik-setitik hahaha.. 

Emang sih katanya lambung baby itu masih sekecil kelereng, jadi ASI sedikit aja uda mencukupi tapi kalau cuma setitik-setitik yang keluar sih keki juga baby nya. Udah capek-capek isap tapi ga mengenyangkan hahhahaahaha….:P Ngamuk donk dia, ampun dah tangisannya kenceng banget. Suster baby di RS aja bilang dia kepala suku di ruangan baby, artinya tangisan paling kenceng dan kalau lagi nangis bisa ngebangunin baby-baby yang lain...hahaha, kocak. 

Tapi Ibu-Ibu jangan khawatir kok, secara alamiah ASI itu pasti akan keluar, Tuhan sudah menyediakannya secara khusus, hanya tergantung seberapa lama Tuhan memberikan kesempatan untuk kita menyusui baby kita. 

Sampai saat ini, walaupun sudah berjalan 1 tahun 1 minggu, ASI ku masih produksi hohoho, ga nyangka juga aku bisa segitu lama dan aku pun kayaknya ga ada kiat khusus bagaimana membuat ASI ku lancar hehehe. Makan daun katuk yang katanya bisa memperbanyak ASI juga jarang, susah nemu daun katuknya hehe. Tips nya hanya rajin pumping aja. 

Pumping Everywhere
Nah, satu lagi aku mau share bahwa rumor yang mengatakan kalau ASI selalu di pompa baik secara manual ataupun secara elektrik itu akan bikin ASI cepat kering, rumor itu salah besar, ga benar dan saya buktinya. Dari bulan ke 2 dan sampai sekarang, aku selalu pompa secara elektrik dan sometime manual pake tangan hihi dan nyatanya sampai sekarang ASI ku belum kering-kering tuh. 

Memang sih, lebih baik ASI bisa langsung disusui ke baby, ikatan secara batin dan emosional menjadi lebih dekat. Cuma waktu itu akhirnya aku pumping terus karena babyku jadi udah kebiasaan pake dot dan ga mau disusui langsung lagi huhuhu. Tapi sisi positifnya, baby bisa kita tinggal-tinggal tanpa tergantung banget sama Ibunya, apalagi buat Ibu pekerja dan yang suka ngacir-ngacir :D 

Seni lainnya buat Ibu pekerja yang kerjaannya mobile, mesti siap pumping ASI dimana aja. Syukurnya Mal-Mal besar di Jakarta sudah punya nursery room yang nyaman. Aku sendiri kadang mau ga mau harus pumping di mobil pas lagi ke gedung customer yang ga punya Laktasi room, atau mampir dulu ke Mal terdekat. Sedikit repot tapi ini namanya pengorbanan untuk sang baby ;)

Paling menderita sih kalau meeting nya panjang :( padahal sudah saatnya jam pumping, kudu tahan dulu payudara membengkak dan bikin ga nyaman. 6 bulan pertama masih rajin tiap 3 - 4 jam bahkan rela bangun pas subuh, tapi lama kelamaan mulai kena penyakit malas dan bandel apalagi sudah mendekati 1 tahun. Subuh sudah mulai susah bangun hehehe. 

Babyku sih lucu, kalau pas subuh gitu dia lapar, mulai dia grasak grusuk balik sana balik sini tidurnya, kayak mau bilang " Mamaaaa, bangun donk untuk akuuu, aku mulai lapar nih, gih sana pumping ASI nya !! " Kalau aku udah bangun dan mulai pumping kan berisik tuh bunyinya, baru dia menghentikan grasak grusuknya hahaha...Baby memang belum bisa ngomong tapi mereka punya cara sendiri untuk menyampaikan maksudnya.. 

Banyak sih kalau mau diceritain pengalaman baru punya baby, intinya hidup jadi rame, banyak hal yang perlu dipikirkan, ambil keputusan hidup jadi lebih hati-hati karena kita tidak single lagi, dan ada seseorang yang perlu kita pertanggungjawabkan, dan ga tau-tau waktu cepat berjalan dan Anda akan bangga ketika melihat baby sudah gede dan banyak tingkah lucu nya :D. Agree with me ??? ;) 

Cita-citaku sih banyak, tentu yang paling ku tunggu-tunggu baby ku cepat bisa jalan dan kami bisa traveling bareng. Biar dia masih cilik begitu, baru 1 tahun umurnya aja sudah 2 kali naik pesawat, pulang kampung sih haha..Tar kalau dia sudah sama makanannya ama aku alias aku makan nasi goreng, dia juga uda bisa makan nasi goreng, Danau Toba will be our first traveling experience outside hometown (rencananya sih hehe) 
My first experience traveling with her when she was 4 months + old
First Birthday of Her....Happy B'day :* :* 
Tampang close up pas 1 tahun...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar