Selasa, 11 Desember 2012

Langkah-Langkah pada saat apply Visa Amerika

DS-160 Confirmation Page
Ngomongin Amerika, negeri adidaya nan kuasa ini, ga pernah sekalipun terlintas dalam pikiran bahkan mimpiku bisa mampir kesana..Tidak pernah!!! Tapi kalau rejeki berkata lain semua itu bisa terjadi hahaha *nyengir. Tahun 2011 kemarin ternyata tahun hoki juga buatku :D

Dari pertengahan tahun my boss sudah sounding bahwa akan ada partner conference di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat bulan November untuk salah satu product yang dijual oleh perusahaanku. Nah hubungannya denganku, saat itu aku sedang approach salah satu Bank Nasional untuk beli produk tersebut. Kebetulan sekali kalo berhasil menjual sampai nilai tertentu, akan mendapat free tiket dan free registrasi conference. Ehm..aku sih masih biasa aja meresponse, wong jualan nya belum ketauan bisa close ga tahun ini, masih banyak tantangannya..Kalaupun dapat kesempatan itu, bisa aja aku ga lolos apply visa nya. Pada bilang apply visa Amerika itu kan sulit di approve, jadi yah ga gitu berharap.

Akhirnya aku berhasil juga mendapatkan project tersebut dan berhak untuk ikut conference. Yang menyenangkan hati teman kantorku juga ada yang ikut berarti aku ada teman. Seandainya aku hanya sendiri kayaknya bakal garing juga di negara orang nan jauh disana.
Persiapan pun dimulai. Malah pas lagi persiapan, aku malah sibuk persiapan merit dan lanjut honeymoon ke Vietnam wakaka..


Jadi persiapan sungguh buru-buru terutama yang paling kelihatan agak telat yaitu apply visa. Waktu cuma 1 bulan dan katanya lagi kalau apply visa yang paling lama yaitu dapat giliran schedule interview. Bisa-bisa 1 bulan baru dapat schedule kalau lagi rame.. What??? Langsung rasanya sayang banget uda ada kesempatan begini langka bukannya cepat-cepat urus dari kapan-kapan.

1. Untuk apply visa, pertama kita perlu baca sebaik-baiknya informasi yang ada dalam website http://jakarta.usembassy.gov/visa/howtoapply.html, kita pilih Nonimmigrant Visas karena keperluan nya untuk business trip, sama hal nya juga kalau untuk keperluan traveling dan sekolah disana. Kecuali kalau permanent stay di US, kita baru pilih yang Immigrant Visas.

2. Sebelum bisa isi form apply visa secara online, kita harus ada pas foto dulu sesuai dengan standard dari US Embassy yaitu dengan background putih dengan ukuran 5cm x 5cm dengan posisi wajah berada di tengah. Kami bela-belain datang ke tempat foto di Jalan Sabang, Jakarta Pusat yang udah biasa mengurus foto untuk apply us visa, biar lebih sure dan meminimalkan ditolak oleh system.

3. Masuk ke website https://ceac.state.gov/genniv/ dan mulai mengisi form DS-160..ngisi nya aja uda deg-degan karena takut salah dan kalau salah lebih dari 2 pertanyaan akan di postpone appointment untuk interview. Ehm..padahal mau masuk negeri orang yang mana akan nambah devisa tu negara, tapi kenapa rumit beginii..jual mahal sekali kelihatannya negara adidaya ini untuk menerima visitor :)
Banyak pertanyaan terkait biografi kita, family information, travel information , untuk keperluan apa dan siapa contact kita di US, dan apakah pernah ditolak masuk US sebelumnya , dan lain-lain. Pengisian nya jadi super hati-hati sekali.

4. Kita akan menerima confirmation page sebagai bukti bahwa applikasi kita sudah berhasil masuk ke system. Confirmation page tersebut perlu kita print dan bawa pada saat interview nanti.

5. Perlu membayar biaya apply visa ke Bank yang ditunjuk yaitu Standard Chartered Bank dan Permata Bank. Pada waktu tahun 2011 biaya nya masih $140 atau Rp 1.260.000. Nah aku check sekarang (2012) biaya nya sudah naik yaitu $160 atau Rp 1.600.000. Kita perlu save nomor receipt dari Slip pembayaran tersebut untuk mendapatkan jadwal interview.

6. Ternyata yang ditakutkan bahwa schedule interview bakal penuh karena waktunya sudah mepet eh untungnya tidak benar (masih hoki) hahaha...dan setelah masuk ke website : http://www.ustraveldocs.com/id/ untuk book schedule interview, process sudah selesai dengan ditandai Appointment Confirmation. Aku mendapat giliran 1 minggu lagi, sama juga dengan teman kantorku. Biasanya kalau satu di approve , kemungkinan besar yang lain pasti di approve (Semoga) Oh ya, kalaupun di Jakarta schedule interview sudah full, alternatif lain kita bisa ke US Embassy yang ada di Surabaya, ini sih benar-benar sudah urgent mode kalau dialihkan ke Surabaya, dan pastinya besar kemungkinan jika data-data kita lengkap akan di approve juga. Ini pengalaman dari teman kantor dulu yang dadakan harus ke US, akhirnya interview di Surabaya karena full dan di approveee :)

Dokumen yang harus disiapkan pada saat kedatangan interview yaitu :

a. Passport (Tentu donk!!!, ini yang paling critical) Jika ada Passport lama yang pernah ada VISA USA nya juga boleh dibawa, untuk memperkuat approval)

b. Print out DS-160 Confirmation Page

c. Print out Appointment Confirmation

d. Pas Photo dengan ukuran standard dari US Embassy (jaga-jaga bawa 2 buah, incase 1 hilang masih ada backup, kalau 2 2 nya hilang, selamat untuk apply interview schedule yang baru d :p )

e. Receipt Visa yang sudah dibayar

f. Surat Undangan dari Sponsor di US (yang punya acara)

g. Surat keterangan dari Kantor / Employee Confirmation (biasanya surat ini menyatakan bahwa kita benar adalah karyawan tetap dari company tersebut, sejak kapan bergabung dan semua biaya terkait event di US dicover oleh company) Ini seperti surat jaminan gitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chapter #3, Beautiful Rinjani : Day 2 - Duka Lara dan Nikmat Menuju Plawangan Sembalun

Hari ini akan menjadi hari penuh tantangan. Bukit Penyesalan yang sudah ku dengar jauh hari akan menjadi ujian berat untuk kaki ku. Na...